Selamat Datang Di Situs Resmi UncenPress

Segera Terbit

Dongeng, Mitos dan Lagu Dalam Perspektif Indigenous | Studi Etnografi Orang Yali di Pegunungan Tengah Papua

Penulis

:

A. Ibrahim Peyon

Simon Abdi K. Frank

Negara Asal

:

Bendera Indonesia

Jml. Hal.

:

vi + 120

Ukuran Buku

:

(UNESCO) 15,4cm x 23cm

ISBN

:

Sedang dalam pengejuan

E-ISBN

:

Sedang dalam pengajuan

[ P E N G A N T A R ]

Dalam buku ini dibahas mengenai dongeng dan lagu Yali di dataran tinggi, Papua. Suku Yali salah satu suku besar yang menempati di dataran Tinggi Pegunungan Papua yang melintasi dari utara ke selatan, di bagian utara kampung-kampung di sepanjang aliran Sungai Lanti mulai dari Pasvalley ke Kampung Hihibak, sedang bagian selatan ditempati di aliran Sungai Seng dan Heluk. Secara karakteristik administrasi, wilayah orang Yali telah terbagi menjadi dua, di mana Sungai Pondong menjadi batas tengah wilayah administrasinya. Dari batas itu ke arah utara membentuk daerah administrasi pemerintahan sendiri dengan nama Kabupaten Yalimo.

Dongeng, Mitos dan Lagu Yali ini bukan merupakan studi pertama, tetapi kelanjutan studi-studi sebelumnya. Perbedaan mendasar dalam studi ini adalah memfokuskan analisa tentang dongeng dan lagu. Dalam buku ini dikembangkan sebuah cara khusus untuk menjelaskan dan mengenalisa secara detail dan komprehensif tentang elemen-elemen kultural yang ada dalam suatu dongeng dan lagu. Model ini juga lebih cocok diterapkan untuk analisa sejarah lisan, mitos, dongeng dan lagu, dengan cara menulis teks-teks itu dalam bahasa asli dan diterjemahkan ke dalam bahasa yang hendak menulis deskripsinya setepat mungkin. Teks-teks itu kemudian dipenggal menjadi bagian-bagian kecil, di mana tiap bagian itu diberikan penomoran berdasarkan tema kultul dalam cerita untuk memudahkan analisa. Tiap bagian penggalan itu dikeluarkan sesuai tema-tema kultul sedetail mungkin, dan berdasarkan tema-tema kultur itu dapat dihubungkan dengan dunia realita. Dengan model analisis itu dapat diungkapkan suatu budaya secara komprehensif dan lengkap. Model analisa itulah yang akan diterapkan dalam studi ini untuk analisa dongeng dan lagu Yali.

Dalam pembahasan buku ini dibagi ke dalam empat bab yakni, bab satu merupakan pendahuluan yang membuat latar belakang. Dalam bab dua akan digambarkan tentang dongeng dan analisanya, sedang dalam bab tiga mendeskripsikan lagu dan analisanya, bagian akhir merupakan hubungan antara dongeng dengan lagu dan kesimpulan.

Jayapura, November 2023

PENULIS

Chat & Follow Us
Berbagi di Media Sosial :

Terbitan Buku

Berita Terkini

Warta – UNCEN Cenderawasih University

Member Of

Visitor Statistics

Flag Counter

Shop

Tools

   PENERBITAN BUKU

UncenPress Program Pascasarjana – Universitas Cenderawasih

PAKET A

Civitas Akademika Uncen

Di peruntukkan secara khusus kepada Tenaga Pendidik (Dosen), Mahasiswa dan Tenaga Kependidikan (Staf) yang berada di lingkungan kampus Universitas Cenderawasih.

Mendapatkan 2 Exampler Buku

Penulis akan mendapatkan 2 exampler buku yang telah diterbitkan melalui UncenPress di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih

Penerbitan ISBN

Penulis akan mendapatkan layanan khusus dari Tim UncenPress yaitu memproseskan pengajuan dalam penerbitan International Serial Book Number (ISBN) pada per 1 judul tulisan yang akan diterbitkan.

Pencetakan Hitam-Putih

Hasil tulisan akan dicetak dengan kualitas Hitam-Putih khususnya pada bagian isian dalam buku. Terkecuali pada Cover Buku akan dicetak dalam keadaan berwarna.

Halaman Cetak Maks. 150

Maksimal cetak halaman buku sebanyak 150 halaman. Jika penulis memiliki tulisan diatas 150 halaman (setelah dilakukannya layout & penyuntingan teks, gambar, tabel, grafik diagram dan sebagainya, maka akan dikenakan biaya tambahan secara administratif dan status dialihkan menjadi Non-Paket.

Ukuran Buku Unesco

Hasil tulisan yang akan dicetak dengan ukuran standar Internasional yaitu UNESCO (15,4 cm x 23 cm )

Include Royalty

Penerbit (UncenPress) akan memberikan jaminan berupa hak pendapatan atau keuntungan dari hasil penjualan buku/referensi bacaan atas karya intelektual miliknya, melalui perjanjian kontrak yang telah disetujui antar Penerbit UncenPress dengan Penulis.